Cara Uninstall Software Sampai Ke Akarnya

Berbagai macam software telah hadir untuk memenuhi beberapa kebutuhan para pecinta teknologi layar lebar. Mulai dari software untuk berinternet ria, menulis, menggambar, menonton film, mendengarkan musik dan berbagai macam software lainnya. Dengan adanya software, para pengguna PC ataupun Laptop sangat lah terbantu karena apapun yang mereka inginkan pastinya akan terselesaikan dengan mudah. Tentunya sesuatu yang ingin dibutuhkan itu masih bisa diterima oleh logika dunia komputer ya. Meskipun bisa memenuhi kebutuhan bukan berarti komputer itu bisa untuk sesuatu hal yang aneh.
Kembali lagi pada software. Didalam software tersebut biasanya banyak terisikan sebuah folder dan system agar sebuah aplikasi bisa dijalankan. Dan disini folder dan system yang dibutuhkan oleh software tersebut tidak akan pernah hilang meskipun dihapus. Artinya si komputer akan terus menyimpan data-data yang memuat software tersebut hingga suatu hari nanti si pengguna akan menggunakannya kembali. Tentunya menggunakan kembali itu ialah menginstal software yang serupa.
Tentunya menyimpan data-data software yang sudah tidak terpakai bisa membuat penyimpan di hardisk PC atau Laptop bisa penuh, dan hal itu jelas dirugikan. Bagi pengembang-pengembang software tersendiri terdapat sebuah software pengembangan yang mampu mengunci Stallone sebuah software sampai data-data yang menyangkut software tersebut hilang tak berbekas.
Software tersebut bernama IOBit Uninstaller yang berfungsi menghapus sebuah software sampai ke akarnya. Artinya kamu tak perlu khawatir kalau sebuah software yang sudah terhapus akan menyisakan file-file sampah yang membuat penyimpanan kamu penuh. IOBit Uninstaller ini sudah terbukti kualitasnya. Jika kamu memang belum yakin, carilah file di tempat terinstallnya sebuah aplikasi yang telah kamu hapus. Carilah aplikasi apa yang kamu hapus dan menyisakan file sampah atau tidak.


Untuk menggunakan IOBit Uninstaller sangatlah mudah, berikut cara-caranya:

1. Buka IOBit Uninstaller, jika kamu belum punya software tersebut unduhlah di tempat file tersebut tersimpan. Biasanya saya mengunduh software tersebut di FileHippo.

2. Jika sudah terunduh, cobalah Install seperti biasa sampai proses Instalasi selesai. Buka aplikasi tersebut dan pilih file mana yang ingin kamu hapus.

3. Bila sudah terpilih, klik Uninstall. Jangan terburu-buru untuk menutup aplikasi tersebut. Tunggulah sampai proses Uninstall selesai.

4. Jika proses Uninstall selesai, maka terdapat sebuah pilihan "Schred File". Maksud dari pilihan tersebut kamu ingin menghapus dan menghancurkan file-file yang menyangkut dengan Software yang telah kamu Uninstall atau tidak.


5. Perlu kamu ketahui, file-file sisa dari software yang kamu hapus itu sama sekali tidak berguna. Artinya jika kamu ingin menghapus keseluruhan software nya pilih atau centang di kolom pilihan tersebut.

6. Tunggu beberapa saat maka proses Uninstall secara menyeluruh telah selesai.

Mungkin dari trik dan tips ini terlihat kurang berguna, tapi perlu kamu tahu bahwa pastinya kamu sering merasa aneh karena tiba-tiba saja PC atau Laptop tiba-tiba lemot padahal tidak menginstal aplikasi apapun. Dan hal ini bisa terjadi karena saat kamu meng-Uninstall sebuah aplikasi dengan system bawaan, file-file sekundernya masih tersisa dan membuat berat jalannya PC kamu. Dan saya menganjurkan IOBit Uninstaller karena hal tersebut sudah saya uji sendiri.

Begitulah, semoga bermanfaat:)
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
April 28, 2017 at 4:58 AM delete

iya nih, kadang butuh cara uninstall smpe ke akarnya, nice post, thanks gan :)

Reply
avatar